Jumat, 04 Agustus 2017

MENENTUKAN MAKNA KATA ATAU KALIMAT PADA TEKS

1.    Menentukan makna kata atau kalimat pada teks
Makna kata atau istilah
Kata adalah satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, dapat diujarkan sebagai bentuk bebas. Sedangkan istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan suatu konsep, keadaan atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.
Istilah ada yang berupa kata ada pula yang berupa idiom atau ungkapan. Idiom adalah gabungan kata yang membentuk kesatuan arti baru sehingga sering tidak dapat ditelusuri artinya berdasarkan arti unsur pembentuknya. Ungkapan adalah kelompok kata atau perkataan yang bersifat tetap da digunakan untuk menyatakan suatu maksud dengan arti kiasan.
Contoh Soal:
1.    Terkesan aneh bin ajaib jika benar Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu. Langkah demikian merefleksikan ketidakberdayaan Pemerintah merumuskan kebijakan mengatasi subsidi bahan bakar minyak yang dinilai tidak tepat sasaran. Kekacauan kebijakan subsidi terletak pada desain kebijakan itu sendiri tanpa dikaitkan dengan problem nasional lain terkait energi. Semua ini sebenarnya disebabkan oleh ketidakjelasan Pemerintah dalam mengelola energi nasional.
Arti istilah fatwa dalam paragraf tersebut adalah ....
a.    keputusan
b.    usulan
c.    imbauan
d.    larangan

2.    Dalam peninjauan realisasi PNPM Mandiri Provinsi Jawa Barat di Kota Bogor, beberapa waktu yang lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan keprihatinannya atas iklan politik yang mengangkat tema angka kemiskinan. Menurut Presiden, iklan tersebut tidak proporsional dan cenderung mendiskreditkan Pemerintah.
Makna istilah mendiskreditkan pada teks di atas adalah ….
a.    perbedaan perlakukan yang menyimpang tentang kondisi kemiskinan
b.    berusaha untuk menjelekkan atau memperlemah kewibawaan pemerintah
c.    ketidaksesuaikan data angka kemiskinan dengan keadaan yang sebenarnya
d.    ketidakpercayaan terhadap data kemiskinan yang disampaikan pemerintah
3.    Satu minggu Tono berkenalan dengan Tini, wanita yang kini hendak dinikahinya. Akan tetapi, takdir harus memisahkan keduanya. Tini meninggal dunia akibat tertimpa pohon saat hujan lebat. Padahal mereka baru belajar mengenal satu dengan yang lainnya. Boleh diibaratkan cintanya seperti embun diujung rambut.
Makna kalimat seperti embun diujung rambut adalah ....
a.    cintanya belum mendalam
b.    cintanya tak diragukan
c.    kasih sayangnya begitu mendalam
d.    cintanya seperti cinta monyet

2.    Menentukan informasi tersurat teks
Kata Tersurat adalah kebalikan dari kata Tersirat yaitu sebuah kata yang mudah di pahami maknanya karena makna dari kalimat kata Tersurat itu sudah ada dalam tulisan dari kata-kata tersebut. Contoh dari kalimat Tersurat itu ialah
  • Aku senang punya 2 teman baik seperti kalian
  • Aku melihat dia kamarin di taman bunga
  • Antoni mengajak saudaranya ke danau untuk berenang
Oke kesimpulannya meskipun kedua kalimat kata Tersirat dan Tersurat sama yaitu dengan sebuah kata-kata yang berupa lisan dan tulisan, namun kedua kalimat tersebut memiliki arti yang berbeda, yaitu dari segi pengungkapannya. Kalau Tersirat secara "Tidak langsung" sedang Tersurat secara "Langsung".
Contoh Soal:
1.    Perhatikan teks berikut !
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.

Makna tersurat dari paragraf di atas adalah ....
a.    Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis.
b.    Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.
c.    Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit.
d.    Jeruk nipis tanpa biji telah menembus pasar mancanegara. 

2.    Selain melakukan diet, mengolah tubuh merupakan cara yang dapat ditempuh untuk menyiasati masalah kegemukan. Akan tetapi, hal ini pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk anak yang mengalami kegemukan, melainkan kepada setiap anak. Hanya saja, beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik, terlebih jika layar kaca telah menghipnotisnya.
Makna tersurat paragraf di atas adalah ....
a.    Setiap anak sebaiknya tidak terlalu terhipnotis dengan televisi.
b.    Mengolah tubuh sangat diperlukan untuk semua anak tidak hanya untuk anak  mengalami masalah kegemukan.
c.    Layar kaca terlalu menghipnotis anak dan membuat anak malas untuk melakukan diet
d.    Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan. 

3.    1)  Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. (5) Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.
Makna tersurat paragraf di atas adalah ....
a.    Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
b.    Terdapat AMDK gelas yang tidak layak minum berdasarkan penelitian YLKI.
c.    Kandungan koloni pada AMDK gelas tidak akan berubah sejak dari pabrik hingga konsumen.
d.    YLKI hanya bertugas meneliti AMDK gelas dan tidak perlu meneliti AMDK botol atau galon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar