BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Dalam menjalankan aktivitas usahanya, setiap perusahaan baik yang
bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu
memperoleh keuntungan. Selain itu juga perusahaan ingin memberikan kepuasan
kepada konsumen atas produk yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen
menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh perusahaan dalam
menghasilkan produk yang berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
konsumen.
Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan
perusahaan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal tersebut
penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen
dalam memilih suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang
dibutuhkan oleh konsumen, maka perusahaan tersebut akan kehilangan banyak
kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia.
Pemasaran merupakan salah satu ilmu yang telah lama berkembang, dan sampai pada
saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan
untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu diperlukan metode
pemasaran yang tepat untuk menentukan keberhasilan atau tidaknya dalam
memasarkan produknya. Apabila metode yang dilaksanakan perusahaan tersebut mampu
memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan
perusahaan.
Rumusan Masalah
- Bagaimana cara membuat sebuah rencana pemasaran (marketing plan)?
- Apa saja bentuk konsep pemasaran (marketing konsep) yang perlu diperhatikan oleh seorang wirausaha?
- Bagaimana cara menyusun strategi pemasaran (marketing strategy)? dan
- Beberapa aspek dalam penasaran yang perlu diketahui oleh seorang wirausaha?
Tujuan Masalah
Untuk member pemahaman tentang beberapa aspek dalam pemasaran yang bisa
membantu memperlancar dan mensukseskan kegiatan berwirausaha seorang wirausaha.
BAB II
PEMBAHASAN
Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen,
menghasilkan barang atau jasa, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa. Atau suatu kegiatan yang mengusahakan agar
produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar. Ada
beberapa aspek pemasaran yang bisa membantu suksesnya proses berwrausaha yang
perlu diketahui diantanya yaitu sebagai berikut
- Rencana pemasaran (marketing plan)
Sebelum menyusun marketing plan maka wirausaha harus mengetahui seluk
beluk atau konsep-konsep pemasaran dan segala informasi telah dikumpulkan, maka
seorang wirausaha baru menulis marketing plannya.
Untuk menyusun marketing plan maka perlu dijawab tiga pertanyaan
berikut:
- Where have we been ?
- Where do we wan to go?
- How do we get there (Hisrich-Peters, 1905: 139)
Pertanyaan di atas perlu diidentifikasi dan dijawab dari mana kita
berangkat? Untuk itu harus diperhatikan latar belakang perusahaan, kekuatan dan
kelemahan perusahaan, bagaimana keadaan persaingan, serta bagaimana peluang dan
kendala yang dihadapi.
Kemudian kemana arah yang dituju? Disini perlu ditetapkan sasaran
marketing untuk masa yang akan datang.
Lalu bagaimana mencapai sasaran itu? Disinilah perlu ditetapkan strategi
pemasaran. Mungkin juga perlu dilakukan penelitian pemasaran. Anggaran belanja
perlu disiapkan untuk pelaksanaan rencana ini.
- Menyusun marketing plan
Format marketing plan tentu tidak sama pada semua perusahaan, karena
kegiatan uasahanya berbeda. Akan tetapi, yang penting adalah core strategy-nya,
marketing plan memuat hal-hal sebagai berikut:
- Analisis situasi (S.W.O.T)
- Tujuan pemasaran (marketing objectives)
- Strategi inti (core strategy)
- Jadwal pelaksanaan (action plan)
- Anggaran pemasaran (marketing budget)
- Kontrol (control)
- Analisis (S.W.O.T)
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang
(Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam suatu spekulasi bisnis. Yang
dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil
keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi
kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities)
yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman
(threats) yang ada, dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau
menciptakan ancaman baru.
- Konsep A I D A + S
Didalam setiap kegiatan bisnis harus diusahakan agar wirausahawan
memprhatikan konsep AIDA+S.
AIDA+S merupakan singkatan dari :
A
= Attention
I
= Interest
D
= Desire
A
= Action
S
= Satisfaction
Konsep ini berlaku untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh bisnis
ysng dapat menarik hati konsumen/langganan. Misalnya kegiatan membuat suatu
produk yang memuaskan konsumen, kegiatan melayani konsumen pada sebuah
pertokoan atau kegiatan-kegiatan lainnya.
Pertama kali konsumen berhubungan dengan perusahaan tertentu muncul
terlebih dahulu perhatian (Attention) misalnya pada saat konsumen lewat didepan
sebuah toko. Konsumen tersebut memperhatikan satu jenis barang yang dipajangkan
dietalase toko. Kemudian konsumen tersebut timbul minatnya (Interest), lalu dia
masuk ke dalam toko. Setelah masuk kedalam toko dia masuk mencari pelayan dan
minta diambilkan barang yang dia ingini. Ini berarti keinginannya (Desire)
makin meningkat. Kemudian dia menanyakan berapa harganya, lalu tawar-menawar,
cocok harga, langsung dibayar di kas (Action). Setelah barang dibawa pulang ke
rumah lalu dipakai (seandainya bentuk pakaian atau dimakan dalam bentuk
makanan. Setelah barang tersebut dikonsumsi maka muncul dua keinginan konsumen
tersebut puas atau tidak puas.
Tujuan dari setiap pemasaran ialah menimbulkan kepuasan bagi konsumen.
Jika konsumen puas terhadap barang tersebut atau terhadap pelayanan toko
tersebut maka konsumen akan melakukan pembelian ulang. Jika konsumen tidak puas
maka dia tidak akan melakukan pembelian ulang dan akan memberikan reaksi
negatif serta menginformasikan reaksi negatif itu kepada keluarganya,
sahabatnya, sehingga, sehingga pemasaran produk tersebut tidak mencapai
sasaran. Hal ini dapat menimbulkan kegagalan bagi perusahaan.
- Wirausaha Harus Melaksanakan Konsep Pemasaran
Ada lima konsep yang berkembang yaitu konsep produksi (production
consept), Konsep produk (product consept), konsep penjualan (selling cosept),
konsep pemasaran (marketing consept), konsep sosial (sosietal consept).
Evolusi yang terdapat dalam perkembangan kehidupan manajemen ialah :
- Konsep Produksi (Production Consept)
Konsep produksi bertitik tolak dari anggapan, bahwa konsumen ingin
produk yang harga murah dan mudah didapatkan dimana-mana,. Produsen yang
menganut konsep ini, akan membuat produksi secara massal, menekankan biaya
dengan efisiensi tinggi, sehingga harga pokok pabrik bisa ditekan dan harga
jual lebih rendah dari saingan.
- Konsep Produk (Product Consept)
Pada saat barang masih langka di pasar, maka produsen memusatkan
perhatian pada teknis pembuatan produk saja. Produsen belum memperhatikan
selera konsumen. Produsen hanya membuat barang dengan to please onself, hanya
menuruti bagaimana selera prosusen sendiri. Produsen hanya melihat kecermin,
tidak melihat jendela. Orang melihat cermin hanya memperhatikanwajahnya saja,
yaitu ia membuat barang yang cocok dengan kemauannya. Lain halnya dengan
melihat jendela, berarti melihat orang yang berada di luar/di jalan, produsen
memperhatikan orang lain.
- Konsep Penjualan (Selling Cosept)
Disini produsen membuat barang, kemudian harus menjual barang itu,
denagn berbagai teknik promosi. Hal yang penting disini ialah adanya kegiatan
promosi secara meksimal. Paham dari konsep ini aialah, konsumen pasti akan mau
membeli barang, bila mereka dirangsang untuk membeli. Promosi besar-besaran
adalah merupakan ciri khas dari selling concept.
- Konsep Pasar (Marketing Consept)
Disini produsen tidak sekedar membuat barang, tidak pula asal
melancarkan promosi. Akan tetapi, produsen memusatkan perhatian pada perhatian
konsumen, produsen memperhatikan needs dan wants dari konsumen. Dalam hal ini
produsen tidak lagi melihat cermin tetapi dia meliahat jendela. Dengan melihat
jendela berarti dia memeperhatikan orang yang berada diluar bagaimana
gerak-gerik, perilaku, dan kebiasaan-kebiasaan, selera konsumen. Jadi produsen tidak
hanya memperhatikan kebutuhan konsumen, tetapi juga memperhatikan apa keinginan
konsumen. Konsumen tidak hanya sekedar membeli fisik barang, tetapi yang
mengharapkan sesuatu dari barang itu, ini yang disebut dengan wants, yaitu ada
sesuatu yang lain yang diharapkan setelah membeli barang tersebut. Jika ini
dapat dipuaskan, maka kegiatanmerketing perusahaan akan mencapai sukses.
- Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial (Sosial Concept) Responsibility
Tingkat orientasi pada rasa tanggung jawab sosial dan kemanusiaan,.
Krena banyaknya kritik dan sorotan dari luar perusahaan, baik yang datang dari
pemerintah, maupun dari masyarakat melalui lembaga konsumen, maka perusahaan
harus memiliki rasa tanggung jawab moral, untuk melayani masyarakat
sebaik-baiknya. Tanggung jawab sosial ini dalam artiluas, harus menghasilkan
barang yang baik tidak merusak kesehatan masyarakat. Menggunakan seumber daya
alam secara bertanggung jawab, selalu menjaga kebersihan air dan
kebersihanudara dari ancaman polusi, mengurangi kebisingan oleh mesin pabrik.
Smeua ini harus dalam rangka menciptakan suasana kehidupan yang baik dan
tenteram dengan penuh rasa tanggung jawab tidak mementingkan keuntungan
perusahhan semata.
Artinya konsep marketing yang berwawasan sosial adalah konsep yang
berusaha memenuhi kebutuhan keinginan dan minat konsumen sehingga dapat
memenuhi kepuasan konsumen secara efisien dan efektif dan membuat kehidupan
masyarakat menjadi lebih baik.
- Tiga Komponen Marketing Consept
Sasaran utama marketig konsept ialah kepuasan konsumen. Untuk mencapai
sasaran tersebut, ada tiga komponen penting yaitu cutomer needs and wants,
organizationally integrated marketing strategi and goals (Bygrave 1994:68).
Inti dari marketing konsep ini ialah bukan membuat konsumen mengikuti keinginan
produsen, tapi sebaliknya mengharuskan produsen memahami dan berusaha mengikuti
selera konsumen.
Marketing mulai dengan pertanyaan apakah yang ingin dibeli oleh
konsumen? Jawabannya adalah kepuasan. Konsumen mencari nilai dan terpenuhi
keinginannya.
Komponen kedua yang membentuk marketing consept ialah organisasi yang
terintegrasi, yang utuh. Walaupun bisnis sudah bertumbuh dari hanya beberapa
orang pendiri telah memiliki ratusan karyawan, namun harus tetap satu arah
yaitu customer focus. Semua orang dari segala bidang, harus mempunyai pandangan
sama, langsungatau tidak langsung harus selalu membuat konsumen mempunyai
persepsi yang baik terhadap perusahaan. Langkah-langkah yang agak filosofis ini
memberikan fondasi yang kuat untuk mengembangkan customer oriented, dalam
sebuah organisasi perusahaan.
Komponen ketiga ialah goal achievement. Memang tujuan perusahaan ialah
meningkatkan volume penjualan, tapi jangan hanya menekankan penigkatan volume,
juga harus membuat kegiatan marketing lebih efektif yang menunjang terhadap
penjualan yang menguntungkan. Tujuannya lainnya ialah meningkatkan image
terhadap perusahaan, dan memprluas marketing share.
Untuk mengimplementasikan marketing consept, maka perusahaan harus
memiliki informasi yang lengkap tentang keinginan konsumen, agar produk yang
dijual cocok dengan selera konsumen dan dapat terjual dengan sendirinya.
Sekarang ini konsumen jauh beda denagn konsumen zaman dulu. Mereka sekarang ini
sangat sensitif terhadap berbagai hal, seperti model, kualitas, harga, tempat belanja,
layanan, dsb. Mereka ingin dilayani cepat dan lebih baik, jika tidak mereka
akan lari kepenjual lain.
- Mengutamakan Pelanggan
Lebih dari 35 tahun yang lalu Peter Drucker telah menyatakan bahwa tugas
utama perusahaan adalah untuk menciptakan pelanggan. Pada saat ini perusahaan
saling bersaing memperebutkan para pelanggan. Dalam situasi Buyer market
(pembeli menjadi raja), perusahaan harus berjuang untuk mencari dan memelihara
langganannya.
Untuk memelihara langganan maka tentu saja langganan harus memperoleh
kepuasan melalui nilailebih yang diterimanya dibandingakan dengan uanag yang
dia keluarkan untuk memperoleh sesuatu barang.
Artinya kepuasan adalah rasa senang, lega, atau kecewa pelanggan yang
membandingkan kesannya terhadap produk atau jasa yang dia beli dihubungkan
dengan manfaat yang dia harapkan.
Untuk menjaga kepuasan pelanggan tersebut meka perusahaan mencoba
melakukan apa yang disebut dengan integrated marketing (pemasaran terpadu).
Philip Kotler, (1997:23) menyatakan bahwa : When all the company’s departmen
work together to serve the customer’s interests, the result is integrated
marketing. Jadi integrated marketing ini berarti suatu keterpaduan diantara
para karyawan secara bersama-sama ,memberikan pelayanan yang memuaskan kepada
konsumen. Oleh sebabitu, seorang pemimpin perusahaan (seorang wirausaha) harus
membanahi, mendidik para karyawannya agar semuanya mempunyai arah, sikap,
sasaran untuk memuaskan konsumen.
- Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah meilih dan menganalisa pasar sasaran yang
merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan
menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar
sasaran tersebut.
Perusahaan perlu menetapkan strategi dasar atau disebut grand strategy
atau strategi inti. Jika grand strategi ini sudah benar maka diharapkan
perusahaan dapat menguasai market share yang luas ataupun market position yang
mantap. Market share atau pangsa pasar artinya penguasaan luas pasar. Sedangkan
market position ialah kedudukan yang kokoh dari suatu produk pada suatu pasar.
Misalnya mobil-mobil buatan jepang memiliki pangsa pasar yang luas sedangkan
mobil-mobil buatan jerman meiliki market position yang tidak tergoyahkan. Dalam
menyusun strategi pemasaran ada dua variabel utama yang perlu dipertimbangkan,
yaitu:
- Variabel yang dapat dikontrol
- Variabel yang tidak dapat dikontrol oleh pengusaha.
- Variabel yang dapat dikontrol oleh wirausahan adalah:
·
Market
segmentation
·
Market budget
·
Timing
·
Market mix
·
Marketing
segmentation
Di sini pengusaha harus menetapkan strategi arah sasaran dari
pemasrannya. Apakah sasaran pemasarannya ditujukan ke seluruh lapisan
masyarakat konsumen, atau hanya menetapkan segmen pasar tertentu saja.
Ada berbagi cara untuk menyusun segmen pasar, antara lain:
- Berdasarkan Geografis
Dalam hal ini pasar dapat di pilah-pilah berdasarkan kebangsaan,
propinsi, kota, dan sebagainya.
- Berdasarkan Demografis
Dalam hal ini pasar di bagi atas variabel-variabel jenis kelamin, umur,
jumlah anggota keluarga, pendapatan, jabatan, pendidikan, agama, suku, dan
sebagainya.
- Berdasarkan Psikografis
Dalam hal ini pasar dipilah-pilah berdasarkan kelompok-kelompok kelas
social, gaya hidup, keprbadian.
- Berdasarkan Perilaku
Segmentasi ini berdasarkan atas pegetahuan, sikap, pemakaian atau
tanggapan konsumen terhadap suatu produk, untuk membentuk segmentasi perilaku
ini maka perlu dipertimbangkan faktor-faktor berikut:
- Kejadian : maksudnya kapan permintaan terhadap sesuatu.
- Manfaat : tentang manfaat masyarakat membeli suatu produk.
- Status pemakai : pemakai pertama kali, pemakai tetap, atau pemakai potensial dari suatu produk.
- Tingkat pemakaian : kelompok pemakai ringan, sedang, dan pemakai berat.
- Kesetiaan : kesetiaan kelompok masyarakat tertentu terhadap merek tertentu, sifat kesetiaan ini harus diciptakan oleh para pengusaha
- Market Budget
Strategi penetapan jumlah dana untuk kegiatan marketing sangat
mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Pada umumnya bila dana bertambah untuk
kegiatan marketing maka jumlah penjualan meningkat. Namun tidak selalu demikian,
bahwa peningkatan dana kegiatan marketing tidak otomatis akan meningkatkan
jumlah penjualan. Berapa besarnya jumlah anggaran belanja marketing, sangat
tergantung pada barang yang dipasarkan, dan sesuai pula dengan pengalaman
pengusaha.
- Timing
Di sini para pengusaha harus menjaga waktu, kapan ia harus melancarkan
pemasaran barang-barangnya, atau kapan sebuah toko atau restoran harus dibuka.
Di sinilah letaknya ungkapan Time is Money, waktu itu adalah uang, siapa dulu
ia dapat. Jika kita sudah mulai, kita tidak boleh lengah terhadap kemungkinan
masuknya saingan baru, dengan cara selalu menjaga mutu barang, pelayanan, dan
sebagainya.
- Marketing Mix
Marketing Mix berarti bauran pemasaran yaitu kegiatan mengkombinasikan
berbagai kegiatan marketing agar dicapai kombinasi maksimal dan hasil yang
memuaskan. Ada 7 elemen yang menjadi komponen marketing mix, yang di kenal
dengan 7P, elemen 7P ini terdiri atas 4P tradisional berlaku untuk pemasaran
barang dan 3P lagi tambahan untuk pemasaran jasa.
P1 = Product
Produk adalah merupakan titik sentral dari kegiatan marketing, jika
marketing tidak diikuti oleh produk yang bermutu dan disenangi oleh konsumen
maka kegiatan marketing mix ini tidak akan berhasil. Oleh sebab itu perlu
diteliti produk apa yang akan dipasarkan bagaimana selera konsumen masa kini
perlu mendapat perhatian yang serius.
P2 = Price
Maslah kebijakan harga turut menentukan keberhasilan pemasaran produk,
harga yang dimaksud di sini bukan berarti harga yang murah saja ataupun harga
tinggi akan tetapi yang dimaksudkan adalah harga yang tepat.
P3 = Place = Saluran distribusi
Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan
tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Di sini penting sekali perantara
dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ini adalah sangat penting karena
dalam segala hal merekan berhubungan dengan konsumen.
P4 = Promotion
Anntara promosi dan produk, tidak dapat dipisahkan, ini dua sejoli yang
saling brangkulan untuk suksesnya pemasaran. Di sini ada keseimbangan, produk
baik, sesuai dengan selera konsumen, di barengi dengan teknik promosi yang
tepat akan sangat membantu suksesnya usaha marketing.
Termasuk di dalam kombinasi promosi ini adalah kegiatan-kegiatan
advertising, personal selling, promosi penjualan, publicity, yang kesemuanya
oleh perusahaan dipergunakan untuk meningkatkan penjualan.
P5 = People
Adalah unsur orang/manusia yang melayani terutama dalam perusahaan yang
menjual jasa.
P6 = Physical Evidence
Artinya bukti fisik yang dimiliki oleh perusahaan jasa.
P7 = Process
Yaitu bagaimana proses dilakukan sampai jasa yang diminta oleh konsumen
diterima secara memuaskan.
- Variabel yang tidak dapat dikontrol oleh pengusaha adalah:
- Keadaan persaingan
Adalah sulit bagi seorang pengusaha meramalkan kapan akan muncul saingan
baru dalam produk yang sama.
- Perkembangan teknologi
Kapan akan muncul teknologi baru yang membuat proses produksi lebih
efisien dan lebih bagus juga sulit diduga.
- Perubahan demografi
Kecendrungan perubahan penduduk juga sulit diantisipasi karena data
perubahan penduduk ini sulit diperoleh.
- Kebijakan politik dan ekonomi pemerintah
Perubahan-perubahan peraturan pemerintah juga sulit diantisipasi oleh
para pengusaha.
- Sumber daya alam
Adalah sulit meramalkan kapan sumber daya alam akan habis atau kapan
kapan ditemukan sumber daya alam yang baru.
Walaupun variabel-variabel di atas dianggap sebagai variabel yang tidak
dapat di awasi, namun dalam beberapa aspek sebenarnya bisa diramalkan atau
dirasakan oleh pengusaha berdasarkan pengalaman-pengalamannya dalam dunia
bisnis selama ini.
- Market intelligent
Market intelligent ini termasuk dalam rangka pengumpulan informasi
pemasaran. Perusahaan harus mempunyai data yang merupakan informasi
pemasaranyang sangat dibutuhkan oleh manajer perusahaan. System informasi
pemasaran merupakan kegiatan orang-orang, peralatan dan prosedur untuk
mengumpulkan, menganalisa, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi secara
tepat, akuratyang dibutuhkan oleh pembuat keputusan pemasaran. Informasi
pemasaran ini dapat diperoleh dari dalam perusahaan (internal) maupun luar
perusahaan (eksternal).
Informasi internal dapat diperoleh dari karyawan, dokumen, catatan
penjualan pada periode teretentu. Sedangkan informasi dari luar dapat diperoleh
dari berbagai sumber agen, tenaga penjual, toko pengecer, konsumen dan
lain-lain.
- Mega marketing
Mega marketing adalah koordinasi yang strategi dari keahlian ekonomi,
psikologi, politik, dan keahlian public relation untuk mendapatkan kerjasama
dari berbagai pihak untuk memasuki suatu pasar tertentu.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan diatas dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut:
- Dalam melakukan kegiatan pemasaran atau marketing, sebelum seorang wirausaha terjun ke lapangan maka terlebih dahulu seorang wirausaha tersebut menyusun rencana pemasaran (marketing plan) sebagai langkah utama yang akan menuntunnya dalam proses pemasaran tersebut.
- Seorang wirausahawan perlu melakukan konsep pemasaran dengan menentukan konsep mana yang akan di gunakan, ada lima konsep pemasaran pada umunya yaitu: Konsep Produksi (Production Consept), Konsep Produk (Product Consept), Konsep Penjualan (Selling Cosept), Konsep Pasar (Marketing Consept), dan Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial (Sosial Concept) Responsibility. Selain itu pula seorang wirausaha perlu memahai tiga komponen konsep pemasaran yaitu customer needs and wants, organizationally integrated marketing strategi, and goals (Bygrave 1994:68)
- Ketika seorang wirausahawan sudah menguasai konsep pemasaran maka setelah itu ia harus bisa meramu strategi pemasarannya sendiri terlebih lagi itu adalah stragi inti.
- Seorang wirausaha juga perlu memperhatikan beberapa aspek dalam pemasaran baik jenis maupun metode pemasaran seperti salah satunya yaitu market budget (anggaran pemasaran).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar