Jumat, 12 Agustus 2016

Mengabstraksi & Menyunting Teks "Pele" Serta Contoh Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi Secara Mandiri

Mengabstraksi Teks Pele
 
Setelah membaca ketiga ilustrasi di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa pendapat kalian tentang ilustrasi yang disajikan itu? 
 
Ilustrasi yang disajikan diatas berbeda-beda. Ilustrasi dibuat dengan berbagai macam tetapi intinya tetap sama, pokok-pokok yang ada tetap tercantum dalam biografi itu. Tapi lebih mudah dipahami lagi pada ilustrasi 3.
 
2. Informasi apa yang kalian peroleh melalui ilustrasi tersebut? 
 
Nama tokoh, beserta orang-orang terdekat. Dan juga jalan kehidupan tokoh tersebut yang mengesankan sehingga dapat membuat orang lain kagum. 
 
3. Siapakah tokoh yang diangkat dalam ilustrasi tersebut? 
 
Tokoh Pele
 
4. Berapa jumlah ilustrasi yang kalian temukan? Apa saja ilustrasi tersebut? 
 
Tiga ilustrasi yang saya dapatkan. Ilustrasi mengenai seniman sepak bola, gambar Pele dan biodata Pele.


Abstraksi dari cerita ulang biografi “Pele” 
 
Abstraksi Pele
Edson Arantes do Nascimento atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan Pele, adalah seorang seniman sepak bola yang pernah membawa Brazil menjuarai Piala Dunia. Pele lahir di Tres Coracoes, Brasil, 23 Oktober 1940 dari pasangan Dodinho dan Dona Celeste Arantes. Pele memulai karier profesionalnya di klub Santos. Setelah beberapa tahun bermain dengan klub Santos Pele dipilih sebagai salah satu anggota Timnas Brazil dan memenagkan Piala Dunia pertamanya dan dia berhasil membawa Brazil menjuarai ajang tersebut. Pada 1974 Pele mengisyaratkan akan berhenti dari dunia sepak bola, tetapi karena kesulitan keuangan akhirnya dia kembali ke lapangan bersama dengan klub Amerika serikat, yaitu klub Cosmos pada tahun 1975. Setelah 2 tahun bermain untuk Cosmos Pele akhirnya pension dari dunia sepak bola dan kemudian diangkat sebagai menteri olahraga oleh pemerintah brazil pada 1994. Oleh para penggemar sepak bola Pele bukan hanya dianggab sebagai pemain biasa tapi ada adalah pahlawan sepak bola, karena telah menjadikan sepak bola bukan hanya sebuah permainan tetapi juga sebuah keindahan.


Menyunting Teks Pele
1. Orientasi
Edson Arantes do Nascimento atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan Pele, adalah seorang seniman sepak bola yang pernah membawa Brazil menjuarai Piala Dunia. Pele lahir di Tres Coracoes, Brasil, 23 Oktober 1940 dari pasangan Dodinho dan Dona Celeste Arantes. 
 
2. Urutan peristiwa
Pele memulai karier profesionalnya di klub Santos. Setelah beberapa tahun bermain dengan klub Santos Pele dipilih sebagai salah satu anggota Timnas Brazil dan memenagkan Piala Dunia pertamanya dan dia berhasil membawa Brazil menjuarai ajang tersebut. Pada 1974 Pele mengisyaratkan akan berhenti dari dunia sepak bola, tetapi karena kesulitan keuangan akhirnya dia kembali ke lapangan bersama dengan klub Amerika serikat, yaitu klub Cosmos pada tahun 1975. Setelah 2 tahun bermain untuk Cosmos Pele akhirnya pension dari dunia sepak bola dan kemudian diangkat sebagai menteri olahraga oleh pemerintah brazil pada 1994. 
 
3. Reorientasi
Pele bukan hanya dianggab sebagai pemain biasa tapi ada adalah pahlawan sepak bola, karena telah menjadikan sepak bola bukan hanya sebuah permainan tetapi juga sebuah keindahan.

Pele Edson Arantes do Nascimento atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan Pele, adalah seorang seniman sepak bola yang pernah membawa Brazil menjuarai Piala Dunia. Pele lahir di Tres Coracoes, Brasil, 23 Oktober 1940 dari pasangan Dodinho dan Dona Celeste Arantes. Pele memulai karier profesionalnya di klub Santos. Setelah beberapa tahun bermain dengan klub Santos Pele dipilih sebagai salah satu anggota Timnas Brazil dan memenagkan Piala Dunia pertamanya dan dia berhasil membawa Brazil menjuarai ajang tersebut.
 
Pada 1974 Pele mengisyaratkan akan berhenti dari dunia sepak bola, tetapi karena kesulitan keuangan akhirnya dia kembali ke lapangan bersama dengan klub Amerika serikat, yaitu klub Cosmos pada tahun 1975. Setelah 2 tahun bermain untuk Cosmos Pele akhirnya pension dari dunia sepak bola dan kemudian diangkat sebagai menteri olahraga oleh pemerintah brazil pada 1994. Oleh para penggemar sepak bola Pele bukan hanya dianggab sebagai pemain biasa tapi ada adalah pahlawan sepak bola, karena telah menjadikan sepak bola bukan hanya sebuah permainan tetapi juga sebuah keindahan.
 
 
Contoh Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi Secara Mandiri
 
Teks Cerita Ulang Walt Disney Walter Elias Disney
 
Walt Disney adalah produser film, sutradara,animator, dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat. Ia terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company. 

Walt Disney Walter Elias Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Hermosa, Chicago, Illinois. Ayahnya bernama Elias Disney dan ibunya Flora Call. Keluarga Disney berkali-kali pindah tempat tinggal mengigat Elias yang memiliki pekerjaan sebagai petani dan peternak dan akhirnya menetap di Marceline. Di sini Disney mulai mengembangkan minatnya terhadap seni terutama seni lukis. Setelah empat tahun kemudian keluarga Elias Disney pindah ke Kansas City. Walt Disney kemudian masuk ke Benton Grammar School bersama Ruth adiknya. Disney melanjutkan studi di McKinley High Scool saat keluarganya kembali ke Chicago. Di sekolahnya Disney menjadi seorang kartunis untuk koran sekolahnya. Pada usia 16 tahun Disney dikeluarkan dari sekolahnya lalu mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata AS, tetapi karena alasan tidak cukup umur ia ditolak untuk bergabung. Akhirnya ia bergabung dengan Palang Merah dan menjadi supir ambulans. 

Kemudian pada tahun 1919 ia kembali ke Kansas City dan mencari peruntungan menjadi pelukis karikatur. Ia kemudian bekerja sebagai pembuat iklan, surat kabar, dan majalah di Pesmen-Rubin. Pada awal 1920 ia bersama rekannya Ubbe Iwerks mendirikan perusahaan bernama "Iwerk-Disney Commercial Artist", namun perusahaan ini tak bertahan lama. Ia kemudian beralih menjadi pekerja di bidang cutout animation di Ad Company. Setelah itu dorongan untuk membentuk perusahaan sendiri muncul kembali, berhasil memukau Kansas City dengan kartun "Laugh-O-Grams". 

Beberapa usaha yang didirikan Walt antara lain dengan membangun studio sendiri di Hollywoo, kemudian membentuk Disney Brother's Studio bersama Iwerks. Pada tahun 1925 ia menikah dengan Lillian Bounds yang merupakan salah satu pekerjanya. Lillian melahirkan seorang anak perempuan yang bernama Diane Marie Disney pada tanggal 18 Desember 1933. Keluarga Disney juga mengadopsi Sharon Mae Disney Akhirnya pada 1928 Disney memperundingkan kenaikan bayaran, yang menyebabkan banyak pekerjanya yang meninggalkannya kecuali Ikwers. Kartun yang pertama dibuatnya dengan Iwerks yaitu Miki Mouse merupakan kartun bisu. 

Disney terus mengembangkan usahanya hingga animasi yang paling populer Disney yang berjudul Snow White and the Seven Dwarfs pada 21 Desember 1937 yang ditayangkan di Carthay Circle Theater yang meraih sukses. Kesuksesan ini merupakan zaman keemasan bagi Disney. Selanjutnya animasi-animasi lain seperti Donal Duck, Miki Mouse, dan banyak lagi produksi animasi Disney yang populer namun tak sepopuler Snow White. Cinderella yang digarap setelah Perang Dunia II kemudian menjadi salah satu animasi populer Disney selanjutnya namun tidak mengalahkan kepopuleran Snow White. Bisnisnya kemudian beralih ke pembuatan taman bermain anak yang berjudul Disneyland. Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955. 

Dalam rentan satu dekade setelah perang dunia Walt Disney Production meraih berbagai penghargaan dengan berbagai anmasi-animasi garapan mereka. Disney yang ternyata mengidap tumor di paru-paru kirinya meregang nyawa pada 15 Desember 1966. Tepat sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises. 
BeSmart
 
 
-Semoga Bermanfaat-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar