Rabu, 24 Agustus 2016

Pengertian Bilangan Bulat

Pengertian himpunan
Himpunan adalah merupakan kumpulan benda atau objek yang dapat didefinisikan dengan jelas.

Untuk lebih jelas dalam memahami pengertian himpunan, silahkan baca artikel tentang pengertian himpunan, macam-macam himpunan dan contohnya.

Pengertian bilangan
Bahwa yang dimaksud dengan bilangan adalah suatu konsep dalam bidang matematika yang digunakan sebagai pencacahan dan pengukuran. Untuk lebih jelas lagi tentang pengertian bilangan, silahkan baca artikel tentang pengertian bilangan dan contohnya.


Pengertian Bilangan Bulat
Bilangan Bulat adalah himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan bulat negatif, nol dan bilangan bulat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bilangan bulat adalah himpunan bilangan yang mencakup bilangan cacah, bilangan asli, bilangan nol, bilangan satu, bilangan prima, bilangan komposit dan bilangan negatif.

Atau kesimpulan lain dari bilangan bulat adalah himpunan bilangan yang mencakup seluruh bilangan, kecuali bilangan imajiner, irrasional dan pecahan.

Untuk lebih jelas lagi dalam memahami pengertian bilangan bulat, silahkan perhatikan gambar struktur bilangan berikut!


Gambar: Srtuktur Bilangan

Pengertian Bilangan Bulat Positif Bilangan bulat positif adalah himpunan bilangan yang dimulai dari bilangan satu ke atas. Contoh bilangan bulat positif adalah: { 1, 2, 3, 4, 5, ....}

Pengertian bilangan bulat negatif Bilangan bulat negatif adalah himpunan bilangan yang dimulai dari bilangan negatif satu ke bawah. Contoh bilangan bulat negatif adalah: { .... -5, -4, -3, -2, -1 }

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa cakupan dari himpunan bilangan bulat adalah himpunan bilangan bulat negatif, bilangan nol dan himpunan bilangan bulat positf. Untuk lebih memahami tentang pengertian bilangan bulat, perhatikan gambar bagan di bawah ini!

Gambar: Garis Bilangan pada Himpunan Bilangan Bulat
 
 
 
-Semoga Bermanfaat-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar